Review Helm HJC i30. Mempertanyakan Zona Sultan.

TL;DR : Helmnya enak, kalo pake intercom atau earplug. 
Kalo gak pake... bawa Kartu BPJS deh ke Dokter THT.

Foto silahkan klik aja biar lebih detail

Lama baca : 10 menit. Emang review detil aja. Hehe.

Ada rasa pengen punya helm yg "Sudah, saya sudah punya helm ini dan saya suka". Maksudnya, pengen beli helm yg gak bikin gonta-ganti helm lagi. Nyaman, model bagus, adem, kedap suara, tok.

Waktu itu pasar helm half face masih pada ngaco (walau sekarang juga masih sama ngaconya). NHK S1GP Pro, fitting nyaman tapi desainnya pasar Malaysia dan Taiwan-an. KYT NFJ helm b-aja dgn desain yg... ya... oke lah. NHK R6 v2 menarik tapi gw pengen naik kelas dikit. NJS Kairoz ngabers. JPX NOVA X gak tahu ini helm apaan. Anak baru tapi udah maen 600rb-an. SMK GTJ cantik tapi vrindavan dan masih belum tahu build quality-nya gemana. Suomy Speedjet, NFJ overprice.

Waktu itu belum ada NHK N1 Max sama NJS Kairoz GT. Kalo saja saya sabar sedikit...

Ya sudah, akhirnya maen ke brand luar. Ada MT Thunder 3 SV sama HJC i30. MT Helmets Thunder 3 SV tuh cantik desainnya, sayang aja ada lehernya. Jelek banget itu leher. wkwk. Yap, akhirnya fix beli HJC i30.

Helm HJC i30

Gak ada review detailnya bjir. Cari di Google, hampa, Youtube gak ada yg detail (ralat : acuan hobby ternyata nge-upload review helm HJC I30 juga akhirnya). Kalo review yg dibuat oleh penjual cuma "Ada visornya, kak. Ada lubang ventilasinya, kak." Umum banget dah. Namanya penjual gak akan pernah kasih tahu kekurangannya.

Yap. Disini gw sebagai pembeli dan pengguna, bakal saya review detil bagus jelek nya ini helm HJC i30. Mwahaha


Exterior
Apa yg bisa dibanggakan dari helm 2.2 jt untuk solid dan 2.5jt untuk motif buatan vietnam, eh salah. buatan korea ini?
Tampilannya biasa aja. Ga mencolok. Makin ga mencolok di model corak motifnya. Lihat aja foto diatas. wkwkw.
Walau begitu, saya suka bentuknya. Saya selalu nyebut bentuk helm gini tuh helm model "jet" (bukan pesawat tempur) macam SMK GTJ, Shoei J-Cruise (versi II juga), MT Thunder 3 SV. No sop iler sop iler club.

Ventilasinya 1 mekanisme dgn 4 lubang intake dan 1 exhaust. Bukaannya geser kedepan dan belakang aja. Mekanismenya gede bgt. Kalo helm NHK mah lubang ventilasinya yg gede, ini mah mekanismenya yg gede. wkwk. Gara-gara ini, jadi ga bisa masuk bagasi motor. huhuhu.

Mekanisme ventilasinya Cup C. Atau Cup B besar lah. lol

Bentuk visor serasi dengan bentuk helmnya sehingga desain keseluruhan enak dilihat. Tebel lagi. Berasa bgt premiumnya. Gak kayak NJS Kairoz GT. Batoknya cantik tapi visornya gak nyambung ama desain cantiknya. Ada-ada aja miss nya.
Btw, tenang, ada pinlock post nya. Gw lepas karena buat apa juga dipake toh gak dikasih pinlock ini. Huhuhu.

Sertifikat keamanannya SNI dan ECE 22.05. Bisa diupgrade jadi Snell kalo punya stikernya. hehe

Interior
Busa aman dan copot-able. Halus? Halus lah tapi cara nilainya saya g tau mirip apa sama apa.
Ada cerita menarik nih. Helm ini pernah kebasahan, busa pipinya basah. Sampe rumah, helm nya gw balik ditaro di pangsit helm (karena donat helm udah gak musim). Besoknya kering. Bau? Somehow tidak. Oh, itu berarti kalo helmnya beneran pake busa anti-microbial.

Pangsit Helm

Coakan untuk speaker intercom juga ada. Jalur kabel untuk mic pun ada. Di helm HJC i30 ada compartment (?) untuk intercom OEM HJC yaitu SMART HJC gen 1 yg harganya 2 kali lipat helm nya, itu juga kalo mau sih. Tapi kalo mau pake merk lain juga bisa kok.

Kain chinstrap sayangnya gak bisa dilepas. Jadi kalo mau dicuci, sekadar pake kuas dgn air sabun terus dilap. Oh sayangnya pengunciannya masih Double D ring mirip gendongan bayi. Gw tanya apa ada versi microlock nya? Jawabannya "HJC resmi indo gak ada yang microlock". Ah sayang sekali padahal aku sudah tua. Malu pake DD ring.

Lanjut ke Impresi deh


Impresi
Saya biasa pake ukuran M di NHK, ukuran L di KYT. Helm HJC I30 ini ukurannya L. Di crownpad sih tulisannya 58-59cm, tapi di website-nya, ukuran L tuh 59-60cm. Hmm weird. Anyway, ukuran L yg harusnya pas dikepala eh, ternyata sempit di pipi. Sepertinya harus naik satu tingkat ke XL dari ukuran KYT. Tapi walau sempit, lingkar kepalanya enak. Gak ada neken kiri, kanan, depan, dan belakang. Karena berasa nanggung, ya sudahlah ambil yg L saja dgn alasan busa masih inreyen + muka masih bulet. hehe

Setelah dilihat-lihat, ternyata EPS pipi nya tebel banget. Gak enaknya jadi sempit di pipi, tapi enaknya keliatan mevah beud. Tentu jadi tambahan fitur safety dipipi. :)

EPS pipinya hampir 2.5 cm dong

Busa nyaman sih. Gw yg brewokan gak nyangkut. Gesek brewok pun lembut. Telinga ya cukup lah. Disaya agak ngepres di atas daun telingan, tapi bagian tengah dan bawah telinga aman. Kalo dipasang intercom kayaknya pas deh posisinya di lubang telinga.

Oh iya, feeling pake helm ini tuh kayak yg "kurang masuk" pas dipake.  Pas cek crownpad ternyata ada jarak antara crownpad ke EPS. Gambarannya kayak foto dibawah. Pantes kerasa kurang masuk. Buat ruangan ventilasi kah? CMIIW. Untuk fitting, dibanding pengalaman helm fullface dulu (NHK GP1000, NHK RX9, INK GP2, INK CL-Primo) bisa lebih fit dari fullface lokal (CMIIW, pengalaman tiap org beda-beda).  Btw berat helmnya di 1.5kg.

Gambaran jarak crownpad ke EPS. (bukan jarak sebenarnya)

Visor bawaannya clear. Bening dan cukup luas. Seal karet visor juga melindungi dari bocor air hujan ke visor bagian dalem. Visor cukup dekat dgn muka terutama bagian mulut. Uniknya, pas hujan, embun gak pernah menghalangi pandangan kalo nafas pake hidung. Sumpah, unik dah. Jadi selama hujan, visornya selalu gw tutup krn embunnya gak ngalangin pandangan. 

Di helm helm dulu, kalo hujan, gak ada yg bisa visornya selalu dalam kondisi ditutup. Ngembun atw butir hujan yg nempel di visor. huhuhu

Btw, udah double visor juga, mekanismenya ada dibagian bawah samping kiri helm. IMO Udah paling bener dah posisi tuasnya. Soalnya kalo crash atw jatuh, tuasnya masih jalan. Kalo disamping helm pasti patah kalo jatuh atau crash. 

Pengalaman pahit pribadi. huhuhu

Ventilasi? Ada. Ya gak mungkin lah kalo fake ventilasi ngeliat harganya jg. Airflow nya ada dan bagus, kok. tapi sewajarnya ukuran lubang ventilasinya aja.


Berisik? Gw yg gak suka pake intercom "disiksa" ama helm ini. Bingung sampe gw mempertanyakan diri gw sendiri "ini helmnya, atw gw salah pake?" usut punya usut ternyata jalur mic menjadi corong masuk udara untuk nembak ke telinga gw. Angin gelebuk aka angin turbulensinya ngumpul di coakan speaker yg kosong. Pake helm ini berasa kayak kena letupan angin knalpot di telinga. Dep, dep, dep. 30-40kpj adalah kecepatan max untuk kesehatan telinga gw. Lebih dari itu, risiko tuli nya besar. Amit-amit dah.

Saya coba tutup pake busa dan sterofom buat nutupin coakan speaker dan jalur mic. Ternyata angin yg nembak ketelinganya ilang dong. tapi berisiknya sih masih. S
eperti yg saya tulis di TL;DR. Kalo mau pake ini helm, disarankan pake intercom atw earplug.



Kalo ini helm lokal, yg beginian kayaknya bakal dirujak netizen kayak KYT Striker. wkwk

Well. Pengalaman unik sih. Pengalaman baru beli helm yg harganya masuk jutaan. Tadinya gw kira beli helm ini, udah kelar. Eh, ternyata masih harus usaha dengan harus pake intercom atw yg termurah dgn pake earplug. Ada ada aja dunia.

Walau begitu, IMO, earplug bukan suatu yg bikin ribet. jadi gw pake pake aja. Walau ya, terpaksa gw pake demi kesehatan gendang telinga gw.


Kesimpulan
Nilai plus nya :
+ Helm enak. Busa nyaman, ventilasi oke. Fit mantab (lebih baik coba di toko. jgn online krn malah bisa jadi kebalikannya)
+ Desain biasa tapi enak dilihat.
+ Build quality nya gw acungi sempol. *kok sate*
+ Pengembunan kalo pake hidung hanya sampai bawah mata. Jadi mata masih bisa lihat jelas.
+ Mekanisme rachet visor paling gampang selama punya helm. Lebih mudah dari TDR XD-611. cek vid disini :)

Nilai minus nya :
- Berisik kalo gak pake intercom atau earplug. Jgn coba coba bawa 40kpj keatas. Demi kesehatan telinga.
- DDring. Mau balap slur? Udah gitu DDring nya gak ada tali pemandu buat jadi pegangan.
- Harga. Emang sih visor tebel, build quality nya manteb, tapi ya berisik. Gw kira dapet helm kedap mantab, ternyata... *sad*. Soalnya banyak helm jauh lebih murah bisa lebih kedap dari ini helm. (uhuk NHK R6 uhuk)

Kalo bisa dipersulit, kenapa dipermudah

Tambahan minus tapi semaradona. Bisa di ignore sih.
- Karet list kena busa, jadi kurang pas di mata.


- Kalo pake motor posisi nunduk, kalo buka visor full, visornya menghalangi pandangan. Pihak HJC Indonesia (kalo merasa ada) mohon ini butuh satu step lg deh biar ga ngalangin.


- Reflektor posisinya kurang pas. Harusnya posisinya dibelakang kayak TDR XD-611 (review super singkatnya disini) dah.


- Busa bagian sambungan antara plastik buat ngunci busa di jidat (bahasa HJC nya "plate-comfort") dgn busa dijidat terlalu tipis. Kalo ada org yg gak apik atau tukang cuci helm yg gak hati hati, pasti sobek.

Takutnya asal tarik merasa tahu, eh sobek :'(

- Seenggaknya harusnya ada cover busa untuk mic dan speaker. Biar ga bolong melompong untuk pemakai yg gak pake intercom. 

Kera Jingan Tangan

- Gerigi rachet terlalu kecil. (penjelasan dibawah, foto rachet ada dibawah)



- Sama kyk kata bang Reza dari acuan hobby, visornya sedikit berbayang mantulin muka kita. Pernah baca klo ngatasin visor gak berbayang itu susah, tapi masa sih HJC g bisa ngilangin sempurna?



Tolong HJC Indonesia (kalo emang ada) dikondisikan kekurangannya diatas.


Tips Helm HJC
Tips beli helm HJC adalah pilih model yg vent nya slide dan hati-hati gerigi di rachetnya.
HJC Rpha 10-11, FG-JET, bahkan kayaknya Rpha 12 dan Rpha 31, yg mekanisme ventilasinya model scroll mouse udah jaminan bakalan rusak, tenggelem bahkan gak muter.
Kemudian, gerigi rachet visor HJC tuh kecil-kecil. Karena per rachet nya kenceng bgt narik rachet visor, si gerigi bakal kemakan alias abis geriginya. Kata bang wu (wahyu1ds), kalo udah aus ya bukaannya cuma buka tutup aja. Gak ada step nya lagi. 
Kalo gw, suka dikasih sedikit silicone oil. Gw pake tusuk gigi buat jadi kuas saking dikitnya, terus basahin deh gerigi rachet visor nya.

Akhir kata, para penjual helm HJC i30 ini, saran gw, mungkin bisa dengan marketing promo bundle misal "Beli HJC i30 gratis Intercom Cardo" (pfft) sehingga bisa nutupin kekurangan HJC i30 ini sambil tokonya upselling juga. pinter-pinter marketing lah ya.


Rencananya mau beli NHK Mark-1 Double Visor terus ganti microlocknya ke helm HJC i30 ini. Jadi yg NHK Mark-1 nya pake DDring HJC. Supaya HJC i30 gw makin asik buat helm harian. wkkwk

Terus gw jual deh NHK Mark-1 Double Visor DDring nya. pfft

Jadi... apakah helm HJC i30 ini masuk kategori "nyaman, model bagus, adem, kedap suara, tok." seperti yg diawal disebutkan? Sayangnya tidak. Artinya perjalanan mencari helm yg "pas buat saya" masih berjalan. Nabung dulu lagi deh. *sigh*

Apakah layak dibeli? Kalo mau, silahkan. Tapi bukan rekomendasi saya by default.


Berikutnya mungkin nge cek double visor apakah bakalan kendor atw enggak. Penyakit double visor seringnya gitu tapi klo 2-3 tahun masih bagus ya.... bagus deh. lol


Well, berikut video overview nya dan foto detil helm HJC i30 ini.




PHOTO DETAIL (klik atau buka tab baru aja fotonya):









































































Mau tanya tentang helm ini mah komen aja. Ga di private ini. hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Review Helm NHK GP1000

Review NHK RX9